Infrastruktur & Transportasi

Asian Games, Berkah untuk Sumsel

LRT, Jalan Tol, Jembatan Musi IV, Pembangunan Jakabarin Sport City (JSC) dan lain-lain. 

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang  – Gubernur Sumsel Alex  Noerdin mengatakan banyak berkah didapatkan Sumsel sebagai tuan rumah Asian Games antara lain masuknya berbagai proyek strategis dengan berbagai sumber pembiayaan di luar APBD yaitu antara lain: LRT, Jalan Tol, Jembatan Musi IV, Pembangunan Jakabarin Sport City (JSC) dan lain-lain.

Dampak lainnya ungkap Alex, adalah meningkatnya kepercayaan dunia sehingga dapat meningkatkan investasi di Sumsel yang akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan.

Di samping itu, buah dari program kuliah gratis dan berobat gratis adalah meningkatnya daya saing SDM Sumsel dalam mengisi peluang kebutuhan tenaga kerja agar dapat menjadi pemain di wilayah sendiri, bukan jadi penonton.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Walikota yang telah bersinergi dengan baik. Kita semua harus sinergi dan bekerja keras. Kita sudah membuktikan bahwa dengan sinergi maka Sumatera Selatan dapat menjadi Provinsi yang terdepan,” tegasnya pada pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2018 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumsel Tahun 2019 di Hotel Novotel Palembang, Kamis (12/4/2018).

Dalam Musrenbang dia menjelaskan bahwa pada 2019 sudah ditetapkan 4 (empat) prioritas daerah Provinsi Sumsel, yaitu Pembangunan Manusia Berkualitas, Pengurangan Kesenjangan Wilayah, Peningkatan Nilai Tambah Ekonomi Berbasis Green Growth, serta Stabilitas Keamanan dan Pemantapan Reformasi Birokrasi.

Dari prioritas daerah tersebut, ditetapkan tema pembangunan Provinsi Sumsel  pada 2019 yaitu “Pemantapan Pembangunan untuk Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas”, dengan target makro yang hendak dicapai;
1. Pertumbuhan ekonomi: 5,6% – 5,9%.
2. IPM: 69,93 – 70,32.
3. Persentase Penduduk Miskin turun menjadi 12,51%-12,71.
4. Pengangguran Terbuka turun menjadi 3,72% – 4,72%.

RKPD Sumsel 2019 akan ditetapkan dengan Peraturan Gubernur, paling lambat Mei 2018, selanjutnya harus menjadi acuan pada penyusunan KUA-PPAS dan RAPBD 2019.[bud]

 

 

Comments

Terpopuler

To Top