pemprov sumsel mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1439H
pemprov sumsel mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1439H
Peristiwa

Wow, RI Masuk 5 Besar Jumlah Penduduk Lanjut Usia di Dunia

Diperkirakan pada 2025 jumlah ini akan meningkat  mencapai 36 juta jiwa.

foto : Humas Pemprov. Sumsel

SUMSELTERKINI.ID, Palembang –  Republik Indonesia termasuk lima besar dengan jumlah Penduduk lanjut usia (Lansia).

Hal itu disampaikan Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar yang hadir mewakili Gubernur Sumsel Alex Noerdin dalam seminar nasional memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) 2018 dihadiri perwakilan 34 provinsi di Griya Agung Palembang, Rabu (9/5/2018).

Berdasarkan sensus penduduk pada 2010, kata dia jumlah Lansia mencapai 18,1 juta jiwa. Dan pada 2014 menjadi 18, 78 juta jiwa.

Ia menambahkan diperkirakan pada 2025 jumlah ini akan meningkat  mencapai 36 juta jiwa. Sementara di Sumsel diperkirakan mencapai 529.713 jiwa atau 6,6% dari total penduduk.

Diapun mengajak agar semua masyarakat meningkatkan perhatian, kasih sayang dan cinta terhadap orang tua sebagai wujud melembagakan nilai-nilai sosial di dalam masyarakat agar selalu meneladani dan menghargai keberadaan para lanjut usia.

Dalam kesempatan ini Sekda mengajak semua warga mengapresiasi keberadaan para lansia, karena sebelumnya mereka ini juga ikut berkontribusi bagi pembangunan.

Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Gerakan Menuju Lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif diharapkan lansia ini bisa berdaya guna dan sejahtera di masa tua.

Berkaitan dengan seminar itu Nasrun Umar berharap seminar itu dapat bisa lebih meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku keterampilan individu, keluqrga dan organisasi lainnya.

“Kami pemerintah provinsi Sunsel bersama pemerintah kabupaten/kota terkait UU No.36 tahun 2009, dalam upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia berupaya terus meningkatkan kases masyarakat terhadap fasilitas kesehatan,”ulasnya.

Hal ini  menurut dia, terlihat dari jumlah puskesmas dari jumlahnya 200 an menjadi 341 puskesmas tersebar di 17 kabupaten dan kota.

Kemudian RSUD dan RS swasta di  setiap kabupaten/kota. Bahkan sebentar lagi tahun ini juga RSUD Provinsi Sumsel akan segera dioperasionalkan,” tutupnya.[one]

 

 

 

 

Comments

Terpopuler

To Top